KONSEP DASAR SATISTIKA ELEMENTER

A.     Pendahuluan

Diskripsi: pemahaman tentang pengertian statistik dan statistika, permasalahan statistika, Variabel, dan data statistik, statistika di masyarakat.

Tujuan Instruksional:

Setelah mempelajari topik ini diharapkan mahasiswa dapat:

1.      Mendefinisikan tentang statistika

2.      membedakan statistika dan statistik

3.      Menjabarkan permasalahan statistika untuk penerapan sehari-hari

4.      Memberi contoh rumusan beberapa variabel data

5.      membedakan tentang jenis-jenis data

A.     Pengertian  dari Statistika

Sering kita mendengar berita di TV atau di Radio tentang gambaran jumlah penganggur, jurnal statistik hasil permainan sepak bola, bursa efek dan kurs mata uang, jadual keberangkatan  pesawat terbang, data jumlah kematian akibat merokok, dan lain sebagainya. Semua contoh tersebut sangat berkaitan dengan statistik dan data. Dalam hal tersebut secara tidak langsung  kita sudah terlibat dalam apa yang dinamakan statistik atau statistika. 

Kita lihat beberapa definisi tentang statistika menurut beberapa para penulis.

1.       Moore(1989) secara sederhana mendefinisikan “Statistics is the science of collecting, organizing, and interpreting numerical facts”.

2.       Noether (1971) merangkum, dan menulis secara lengkap pada Statistics by a U.S. Civil Service Commission document : “Statistics is the science of the collection, classification, and measured evaluation of facts as a basis dor inference. It is a body of techniques for acquiring accurate knowledge from incomplete information; a scientific system for the collection, organisation, analysis, interpretation and presentation of information which can be stated in numerical form”.

Dari definisi-definisi di atas memberikan gambaran tentang statistika sebagai ilmunya. Sudjana,1992 membedakan pengertian antara statistik dan statistika. Dalam hal ini statistik diartikan sebagai kumpulan data bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam tabel dan atau diagram yang menggambarkan suatu persoalan. Sedangkan statistika diartikan sebagai ilmunya yang secara umum.  Statistika diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang metode atau prosedur yang berhubungan dengan pengumpulan data, organisasi data, pengujian data, pengolahan data atau penganalisaan dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data tersebut. Untuk seterusnya pengertian tersebut yang akan diikuti dalam buku ini.

Dari  definisi tersebut di atas kita dapat membagi tentang area arah pembelajaran pada dua kategori yang utama, yaitu statistika diskriptif dan stitistika inferensial. Di dalam statistika diskriptif tugas kita mengurutkan, membentuk kelompok–kelompok, meringkas dan mempresentasikan data sehingga diperoleh informasi yang relevan tentang keberadaan data. Jadi dalam statistika deskriptif kegiatannya menggunakan data numeric atau grafis untuk mengenali pola kelakukan data, merangkum dan menyajikan informasi. Dalam olah data, statistika diskriptif sering diidentikkan dengan statistika kualitatif, dimana kekuatan analisisnya berupa diskripsi yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata, sedangkan perhitungan statistik hanya dipakai sebagai pendukung informasi.

Jika berbicara statistik sampai dengan membuat simpulan, mempredisikan, kejadian, mencari hubungan antar data, hal ini dibicarakan dalan statistika inferensial. Pada statistika inferensial dalam membuat keputusan dan memprediksikan hubungan antar kejadian dapat dikatakan benar  atau hampir benar dan bahkan bisa salah melalui pengujian data sampel, hasilnya dapat dipakan untuk membuat estimasi, keputusan, prediksi, atau generalisasi ke populasi. Sebagai konsekuensi kita bentuk suatu konsep peluang (probabilitas) untuk menentukan ukuran kesalahannya. Dalam hal ini kita dapat mengansumsikan mengajukan hipotesis (kesimpulan yang harus diselidiki) dan diuji. Dalam olah data, statistika  inferensial diidentikan dengan statistika kuantitatif, dimana kekuatan analisisnya berupa perhitungan numerik yang dipakai sebagai dasar menolak atau menerima hipotesis.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: