PENGENALAN AMOS

AMOS singkatan dari Analysis Of Moment Structure dikembangkan oleh James L. Arbuckle, merupakan program computer yang dapat digunakan untuk membuat model persamaan structural, disamping beberapa program yang lain, seperti LISREL. Saat ini tersedia AMOS ver 4.01. bersama LISREL, AMOS merupakan program yang paling banyak dipakai untuk pembuatan model structural. Sekalipun memiliki keterbatasan pengoperasian AMOS relative mudah.

Pada bagian ini akan diperkenalkan secara singkat bagian-bagian dari AMOS dan fungsi-fungsinya yang penting dalahm pengolahan data, baik untuk analisis faktor konfirmatori (Confirmatory faktor analysis).

1.      Menu Utama AMOS

         Pada bagian atas terdapat menu utama AMOS yang terdiri dari menu FILE, EDIT, VIEW/SET, DIAGRAM, MODEL-FIT, TOOLS dan HELP.

         Setiap menu terdiri dari beberapa submenu :

         a.      Menu File

Menu file terdiri  dari beberapa submenu, diantaranya submenu untuk membuat File Baru (New, New with templates), membuka file yang sudah ada (open, retrieve backup), menyimpan file (save, save as, save as templates), membuka file data (data file), mencetak (print), file manager yang dapat digunakan utuk melihat jenis dan nama-nama file yang ada, termasuk juga untuk membuka dan menghapus file tersebut dan melakukan browsing windows (windows explorer) serta submenu untuk keluar dari AMOS (exit).

 

         b.      Menu Edit

Menu ini terdiri dari beberapa submenu yang berguna untuk proses editing.

 

c.             Menu View / Set

Submenu yang ada dalam menu View/Set banyak digunakan dalam proses analisis dan pemodelan. Secara lebih rinci akan dijelaskan dalam bagian penjelasan Toolbox yang lebih mempermudah pengoperasian AMOS.

 

c.             Menu Diagram

Menu ini terdiri dari beberapa submenu yang digunakan untuk membuat atau menggambarkan model atau diagram yang akan dianalisis.

Secara lebih rinci beberapa submenu yang penting akan dijelaskan dalam bagian penjelasan Toolbox yang lebih mempermudah pengoperasian AMOS.

d.     Menu Model-Fit

Menu ini terdiri dari beberapa submenu yang digunakan utnuk memberikan perintah menjalankan analisis. Secara lebih rinci beberapa submenu yang penting akan dijelaskan dalam bagian penjelasan Toolbox yang lebih mempermudah pengoperasian AMOS.

 

c.             Menu Tools

 

 

Menu ini terdiri dari beberapa submenu yang digunakan sebagai perlengkapan dalam melakukan analisis atau pembuatan model yang akan dianalisis.

c.             Menu Help

 

help terdiri dari beberapa submenu yang dapat dimanfaatkan untuk membantu memberi penjelasan apabila terdapat masalah dalam pengoperasian

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: