PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

PERANAN PTK DALAM  MENINGKATKAN  HASIL  BELAJAR

1. PENDAHULUAN

Mengajar adalah suatu kegiatan rutin yang kita lakukan. Didalam mengajar terkadang kita sebagai Guru lupa akan sesuatu hal yang sebenarnya sangat bermanfaat bagi perkembangan minat dan motifasi anak didik serta dalam pencapaian tujuan pendidikan yaitu bahwa setiap kegiatan belajar siswa perlu diamati secara teliti setiap perkembangannya dalam memahami, menguasai dan mengembangkan konsep maupun materi yang telah dan sedang dipelajari. Pada setiap tahap pencapaian tujuan maupun usaha dalam memahami, menguasai dan mengembangkan konsep maupun materi perlu mendapatkan penghargaan / hadiah atau nilai sehingga siswa akan senang dan merasa belajar bukan merupakan beban yang berat bahkan akan menjadi kesenangan atau hobi sehingga akan memacu siswa dalam mengikuti kegiatan belajar berikutnya. Kalau sudah demikian guru pun akan merasa mudah mengendalikan, mengarahkan dan membimbing siswa dalam belajar. Tidak mustahil Proses Belajar Mengajar (PBM) akan berjalan sesuai dengan keinginan guru dan siswa dan tujuan PBM akan tercapai dengan mudah.

            Hambatan PBM dan pencapaian tujuan belajar tentu masih ada, sebab siswa mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan unik. Hambatan dalam PBM yang ada perlu kita perhatikan dengan cara dianalisa, dipahami, dicari sebab musababnya dan ditindaklanjuti agar hambatan tersebut dapat ditekan, dikurangi kalau mungkin dihilangkan agar tujuan PBM tercapai. Tindakan yang kita laksanakan juga perlu dievaluasi apakah tepat sasaran dan mencapai tujuan. Semua rangkaian kegiatan tersebut diatas yang kita laksanakan secara terprogram, terarah dan berkesinambungan dinamakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

2. Materi

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara garis besar sebenarnya merupakan serangkaian tindakan untuk mencapai tujuan Proses Belajar Mengajar (PBM) secara tuntas pada setiap pokok bahasan maupun sub pokok bahasan.

            Guna mencapai tujuan Belajar Tuntas guru perlu waktu dan benar-benar tahu sifat, keadaan, kemampuan, prestasi siswa yang belajar. Bila terdapat siswa yang kurang dapat mengikuti atau kesulitan mempelajari materi baru guru perlu mengulang materi yang telah diajarkan terutama materi yang menjadi prasyarat.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu penelitian yang dilakukan di dalam kelas dengan obyek dan subyek anak didik dengan memperhatikan :

1.      Latar belakang pengetahuan yang dimiliki oleh siswa untuk prasyarat pembelajaran atau Proses Belajar Mengajar  ( PBM ) di kelas,

2.      Dilihat keadaan/kondisi, perilaku, semangat, minat, kemampuan, dan kesulitan siswa pada saat PBM di kelas,

3.      Direncanakan pengelolaan dan tindakan yang mungkin dapat dipakai untuk menekan hambatan yang mengganggu siswa saat PBM dan membantu keberhasilan siswa bersama guru dalam mencapai tujuan PBM baik di dalam maupun di luar kelas,

4.      Mengevaluasi peran, kemampuan siswa dan guru dalam mencapai tujuan PBM, serta melengkapi dan menentukan tindakan perbaikan dalam kegiatan berikutnya guna pelaksanaan PBM dan pencapaian tujuan PBM yang lebih baik.

5.      Menemukan cara yang paling baik yang dapat digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan PBM secara berkesinambungan dan profesional demi suksesnya pencapaian tujuan pengajaran dan pendidikan.

 

3. Contoh Kasus

Pada kegiatan hari pertama Les atau Tambahan Pelajaran Matematika bagi kelas III yang akan menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) 2 kelas @ 20 siswa diberi soal latihan sebanyak 10 nomor sbb :

Coba selesaikan Operasi Tambah, Kurang dan Campuran Bilangan Bulat  berikut ! (sendiri / tidak bekerja sama  dan tanpa menggunakan alat hitung )

Sudah yakinkah

 jawabmu benar ?

Coba koreksi pekerjaanmu untuk meyakinkan   kebenarannya !

 

1.            2 + 3  = …

2.            2 – 3  = …

3.            – 2 + 3  = …

4.            – 2 – 3  = …

5.            2 + (-3) = …

6.            2 – (-3) = …

7.            – 2 + (-3) = …

8.            – 2 – (-3) = …

9.            -2 + ( -2 ) = …

10.        -2 – ( -2 ) = …

 

Hasil pengamatan pada saat siswa mengerjakan soal tersebut adalah :


         ada yang bingung

         ada yang takut salah

         ada yang tenang

   ada yang mengumpat

   ada yang panik

   ada yang melihat pekerjaan teman


Sedangkan hasil koreksi pekerjaan siswa yang benar 10 nomor sejumlah +  60 %

a.       Apa kira-kira penyebabnya ?

b.      Bagaimana tindakan kita sebagai Guru kelas III ?

 

 

 

 

Untuk file lengkap hubungi operator.

file terdiri dari:

  • Kenapa Perlu PTK?
  • Manfaat PTK
  • strategi PTK
  • Bagaimana PTK Dilaksanakan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: