Teknik Teori Antrian dalam kehidupan sehari-hari

Studi Teknik antrian dalam pola pelayanan pelanggan (lengkap ::>> Download Disini)

Antrian adalah kejadian yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: antrian untuk mendapatkan pelayanan di sebuah Bank, antrian untuk dilayani pada saat Regristrasi, antrian untuk mendapatkan tiket di Stasiun dan lain sebagainya. Pada situasi mengantri, seseorang diharuskan untuk menunggu padahal menunggu adalah suatu aktivitas yang memerlukan waktu akan kurang menyenangkan, suatu hal yang menyenangkan apabila seorang pelanggan mendapat pelayanan tanpa harus menunggu. Untuk menyelesaikan masalah seperti itu kita memerlukan Teori Antrian.
Teori antrian adalah teori yang menyangkut studi matematik dari antrian. Antrian terjadi apabila kebutuhan akan suatu pelayanan melebihi kapasitas yang tersedia untuk menyelenggarakan pelayanan itu. Sistem antrian dicirikan oleh 5 komponen yaitu pola kedatangan pelanggan, jumlah pelayan, kapasitas fasilitas untuk menampung para pelanggan dan aturan dalam hal para pelanggan dilayani.

Salah satu antrian adalah antrian untuk mendapatkan tiket di loket pembelian karcis jurusan Semarang-Tegal di Stasiun Poncol, Semarang. Pelanggan yang datang menuju antrian kemudian berdiri secara berjajar untuk menunggu dilayani.
Dalam teori antrian terdapat dua model keputusan antrian yaitu :
1. Model Biaya
2. Model Tingkat Aspirasi
untuk penelitian ini, digunakan Model Tingkat Aspirasi, sehingga ukuran-ukuran kinerja yang digunakan adalah jumlah rata-rata pelanggan dalam sistem (Ls), jumlah rata-rata pelanggan dalam antrian (Lq ), waktu menunggu rata-rata dalam sistem (Ws ), waktu menunggu rata-rata dalam antrian (Wq ). Ukuran-ukuran kinerja tersebut pada akhirnya digunakan untuk menentukan jumlah pelayan yang ideal.

B. Permasalahan
1. Berapa jumlah pelanggan rata-rata dalam Sistem?
2. Berapa jumlah pelanggan rata-rata dalam Antrian?
3. Berapa rata-rata waktu menunggu dalam Sistem?
4. Berapa rata-rata waktu menunggu dalam Antrian?
5. Berapa Probabilitas pelayan tidak melayani pelanggan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: