STUDI DAN IMPLEMENTASI GRAF DALAM PENENTUAN RUTE

Abstrak  (Download Makalah Lengkap)

Graf merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang merepresentasikan objek – objek diskrit dan hubungan antara objek – objek tersebut. Representasi visual dari graf adalah dengan menyatakan obyek dengan noktah dan hubungan antara objeknya dengan garis. Untuk selanjutnya kita sebut noktah pada graf sebagai simpul (vertex) dan garis pada graf sebagai sisi (edge). Pada saat membicarakan graf tentu kita tidak boleh lupa pada salah satu struktur graf yang cukup penting yaitu pohon (beberapa referensi menetapkan pokok bahasan “pohon” pada bab yang berbeda karena luasnya bahasan tentang bab ini.). Pohon adalah graf berarah / tak berarah yang tidak membentuk sirkuit. Penggunaan struktur graf ini sangat penting dalam bidang informatika dan ilmu komputer.
Salah satau kegunaan graf yang cukup penting adalah dalam hal pengrutean. Perutean yaitu kegiatan membuat rute dengan tujuan tertentu. Dengan penggunaan graf kita akan mendapatkan rute dengan keunggulan – keunggulan tertentu misalnya : lintasan dengan biaya paling murah, lintasan dengan waktu tempuh paling cepat, lintasan dengan jarak paling pendek, lintasan dengan tingkat efisiensi paling tinggi.
Adapun hal – hal yang akan kita bahas lebih lanjut dalam paper ini diantaranya adalah : lintasan hamilton, tujuh jembatan di konisberg, pohon merentang minimum, pohon steiner, masalah lintasan terpendek, masalah penyelidikan rute, dan permasalahan pedagang keliling.
Kata kunci : graf,pohon,aplikasi graf,pengrutean.

(Download Makalah Lengkap)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: