Teori Belajar Pendukung Pendekatan Pengajuan Masalah Matematika

Teori Belajar Pendukung Pendekatan Pengajuan Masalah Matematika

DOWNLOAD MATERI LENGKAP DISINI

Kata-kata Kunci: Teori belajar, pendukung pendekatan, pengajuan masalah dan matematika.
Teori belajar atau teori perkembangan mental menurut Ruseffendi (1988) adalah berisi uraian tentang apa
yang terjadi dan apa yang diharapkan terjadi terhadap mental peserta didik. Sementara itu, pengertian
tentang belajar itu sendiri berbeda-beda menurut teori belajar yang dianut seseorang. Menurut pandangan
yang tradisional atau pendapat lama, bahwa belajar adalah menambah atau mengumpulkan sejumlah
pengetahuan. Peserta didik diibaratkan sebagai botol kosong yang siap diisi hingga penuh dengan
berbagai pengetahuan. Selain itu, peserta didik diberikan bermacam-macam materi pelajaran dalam rangka
memperoleh pengetahuan baru atau menambah pengetahuan yang telah dimilikinya (Sihotang, 1997).
Pendapat yang lebih modern menganggap bahwa belajar merupakan kegiatan mental seseorang sehingga
terjadi perubahan tingkah laku. Perubahan tersebut dapat dilihat ketika siswa memperlihatkan tingkah laku
baru, yang berbeda dari tingkah laku sebelumnya. Selain itu, perubahan tingkah laku tersebut dapat dilihat
ketika seseorang memberi respons yang baru pada situasi yang baru (Gledler, 1986) Hudoyo (1998)
menyatakan bahwa belajar adalah kegiatan yang berlangsung dalam mental seseorang, sehingga terjadi
perubahan tingkah laku, di mana perubahan tingkah laku tersebut bergantung kepada pengalaman
seseorang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: