Model Pengevaluasian Pembelajaran Bervisi dan Berpendekatan SETS

Model Pengevaluasian Pembelajaran Bervisi dan Berpendekatan SETS

[ DOWNLOAD MAKALAH LENGKAP ]

Di dalam makalah ini kita akan memberi penekanan pada cara pengevaluasian pembelajaran yang tidak hanya berkaitan pada konsep sainsnya saja. Penekanan justru diberikan pada cara pengevaluasian non konvensional yang memungkinkan tugas guru atau pendidik dapat terkurangi sehingga memungkinkan para pendidik untuk meningkatkan profesionalitas mereka.
Pengevaluasian secara konvensional yang menyangkut penguasaan konsep sains tidak berarti harus ditinggalkan. Bagian ini tetap merupakan bagian penting yang harus diukur. Sesuai dengan harapan pencapaian kompetensi di dalam pemahaman konsep, maka bagian ini juga tetap perlu diukur sesuai dengan harapan juga.Untuk yang satu ini, pengem-bangan instrumen evaluasi hendaknya ditekankan pada aplikasi konsep, yang sekaligus mencerminkan pemahaman terhadap konsep yang diperkenalkan kepada peserta didik. Bentuk-bentuk instrumen evaluasi yang biasa digunakan, masih dianggap layak untuk diterapkan. Termasuk di dalamnya adalah model-model instrumen evaluasi pilihan berganda, pilihan bersyarat, dan seterusnya. Namun demikian pertanyaan bersifat terbuka yang mengeksplorasi kemampuan berpikir tuntas peserta didik selalu diharapkan untuk dikembangkan.
Yang perlu dicatat adalah, bahwa di dalam proses pembelajaran, kegiatan pengevaluasian tidak harus selalu bersifat terpisah dengan proses pembelajarannya. Oleh karena itu, contoh-contoh yang diberikan di sini juga lebih bersifat process oriented. Semua yang dikerjakan para peserta didik hendaknya dianggap sebagai bagian proses yang perlu dievaluasi. Pendidik dapat melakukan observasi kelas sebagai bagian evaluasi. Di samping itu, tugas-tugas lain yang diberikan kepada para peserta didik hendaknya juga diperhitungkan sebagai bagian dari kegiatan pengevaluasian. Di bagian lampiran makalah ini diberikan sejumlah kegiatan yang secara keseluruhan dapat dipakai sebagai dasar pengevaluasian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: