PEMBAGIAN TEORI BELAJAR DARI SUDUT PANDANG TENTANG PROSES BELAJAR

PEMBAGIAN TEORI BELAJAR DARI SUDUT PANDANG TENTANG PROSES BELAJAR

[ DOWNLOAD MAKALAH LENGKAP ]


A. Pendahuluan
Teori belajar adalah teori yang prakmatik dan eklektik. Teori dengan sifat demikian ini hampir dipastikan tidak pernah mempunyai sifat ekstrim. Tidak ada teori belajar yang secara ekstrim memperhatikan aspek siswa saja, aspek guru saja, aspek kurikulum saja dan sebagainya.
Titik fokus yang menjadi pusat perhatian suatu teori selalu ada. Ada yang lebih mementingkan proses belajar, ada yang lebih mementingkan sistem informasi yang diolah dalam proses belajar, dan lain-lain. Namun faktor-faktor lain du luar titik fokus itu juga selalu diperlukan untuk menjelaskan seluruh persoalan belajar yang dibahas.

B. Pengelompokkan Teori Belajar
Berdasarkan perbedaan sudut pandang tentang proses belajar, maka teori belajar dapat dibagi menjadi beberapa kelompok. Yang sering ditetapkan untuk menerangkan proses belajar ialah 1) Teori Belajar Behaviorisme, 2) Teori Belajar Kognitivisme, 3) Teori Belajar Humanistik, dan 4) Teori belajar Sibernetik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: